Jeff - Nov 23, 2020

Cara Membuka Salon Kecantikan di Indonesia - Panduan 2020

Ini panduan dengan langkah-langkah yang harus diambil untuk membuka salon tata rambut atau salon kecantikan yang sukses

 

"It doesn't matter how slow you go as long as you don't stop" 

- Confucius

 

INDEKS

Apa yang diperlukan untuk membuka salon kecantikan baru?

Mengapa membuka Salon Kecantikan?

Layanan yang menjadi highlight untuk salon kecantikan Anda

1. Perawatan rambut

2. Manicure / pedicure

3. Esthetics + beauty dan hairdressing

4. Menawarkan layanan uniseks

5. Produk kecantikan natural

 

Apa yang diperlukan untuk membuka salon kecantikan di Indonesia?

Sektor kecantikan selalu menjadi pasar yang penuh dengan peluang. Ini pasar yang menjanjikan karena menghadirkan banyak alternatif bisnis dan peluang investasi bagi para pengusaha. Bagi banyak orang, membuka salon kecantikan adalah kesempatan untuk mewujudkan impian mereka untuk memulai bisnis sendiri .

Sektor kecantikan tidak dapat ditentukan, artinya tidak hanya terdapat fleksibilitas ekonomi, tetapi sektor itu sendiri terus berubah dan beradaptasi dengan tren baru. Sektor ini fleksibel dan siap beradaptasi dengan selera baru pelanggan.

Dengan pemikiran ini, berikut adalah semua yang harus Anda pertimbangkan saat mendirikan salon kecantikan Anda sendiri.

 

Apakah Anda ingin membuka Beauty Salon?

 

Mengapa membuka Salon Kecantikan di Indonesia?

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Euromonitor International pada data dari sektor:

"Pertumbuhan industri kecantikan dan perawatan personal di Amerika Latin mencapai pertumbuhan satu dekade tahun lalu (2018) dan akan terus berlanjut pada 2019."

Kami menganggap ini sebagai faktor penentu.

Bagi banyak wanita, pergi ke penata rambut hanyalah sebuah kebutuhan. Selain itu, semakin banyak pria yang mulai lebih memperhatikan penampilan fisik mereka. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, sektor kecantikan sangatlah luas. Oleh karena itu, tidak hanya harus memberikan layanan yang sesuai dengan tren saat ini, tetapi juga layanan untuk semua jenis kelamin, gaya hidup, budaya, musim, usia. 

Baca juga:

"The current path of the beauty market is marked by the mixture of cultures, styles, constant change, daring shapes and colors and within everyone's reach, taking over the streets." 

Sektor kecantikan memiliki potensi besar di Amerika Latin. Orang ingin memamerkan gaya rambut, potongan, dan warna yang bagus. Ketertarikan pada citra pribadi mereka membantu memberi energi pada sektor ini terlepas dari konteks ekonominya. Ini adalah pasar yang berkembang seiring waktu, tetapi juga membutuhkan dukungan dari mereka yang menghargai pengalaman, pekerjaan, dan tahu bagaimana menikmati hidup.

 

Melihat lebih dekat evolusi salon kecantikan. Sejak awal, salon lebih sering dikunjungi oleh wanita, tetapi tidak secara eksklusif untuk wanita saja. Banyak wanita ingin penampilan mereka memuaskan, sehingga membuat sektor ini sangat menguntungkan. 

Namun, pria juga mulai lebih memperhatikan fisiknya, menggunakan produk kosmetik, mengikuti tren mode, dan mendedikasikan waktunya untuk perawatan pribadi.

Saat ini, penata rambut juga menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin menuntut, yang ingin mengkonsumsi layanan yang ramah lingkungan dan sustainable. Ini membuka ceruk pasar baru, yang berpotensi menarik perhatian sekelompok orang yang bersedia membayar lebih untuk layanan dan / atau produk yang berkelanjutan dan berkualitas tinggi.

 

Apakah Anda ingin membuka Beauty Salon?

 

Langkah-langkah membuka Salon Kecantikan di Indonesia:

Sebelum membuat keputusan untuk mendirikan salon kecantikan Anda sendiri, Anda harus memikirkan berbagai faktor yang perlu Anda pertimbangkan, terlepas dari negara, kota, atau kota yang ingin Anda buka. Ada topik umum yang berlaku di tempat mana pun dan hasilnya bervariasi menurut budaya, undang-undang, kebijakan, dan demografi. 

Berikut daftar langkah-langkah yang menurut kami perlu untuk dipertimbangkan:

1. Studi pasar

Seperti bisnis baru lainnya, Anda harus menganalisis pasar yang akan Anda masuki. Setelah Anda yakin bahwa salon kecantikan akan menjadi fokus bisnis Anda, mulailah menyelidiki apa yang dicari target audiens Anda dan apa yang mereka sukai. Lihat apa yang ditawarkan oleh perusahaan yang ada (pesaing Anda) dan apa yang tidak mereka tawarkan. Informasi ini akan membantu Anda memberikan sesuatu yang unik dan membedakan diri Anda dari yang lain.  

Gunakan alat untuk melakukan riset pasar Anda. Anda tidak perlu menginvestasikan uang dan ini akan membantu Anda membuat segment tidak hanya pelanggan Anda, tetapi juga layanan Anda. Gunakan alat bantu seperti survei online, pemantauan di jejaring sosial atau lakukan studi tren online misalnya.

 

2. Rencana bisnis

Selanjutnya Anda dapat mulai menyusun rencana bisnis untuk memetakan detailnya. Perencanaan diperlukan untuk memasuki sektor apa pun. Rencana adalah panduan untuk operasi perusahaan Anda dan dapat menunjukkan seberapa layak usaha itu. Anda dapat menggunakan metodologi seperti analisis SWOT yang menganalisis situasi perusahaan secara internal dan eksternal, dan dari sana, Anda dapat membuat strategi yang memungkinkan Anda melihat berbagai skenario dan penerapan solusi.

 

3. Persoalan dokumentasi dan hukum

Ini adalah poin penting untuk mendirikan perusahaan. Ini adalah langkah yang, karena proses dan waktu yang dibutuhkan, menjadi membosankan, namun tidak mungkin untuk dihindari. Persyaratan yang diperlukan berbeda-beda menurut lokasi tempat, jadi kami akan menyertakan persyaratan ini dalam informasi untuk setiap negara.

 

4. Memilih tempat

Lokasi akan menjadi faktor penentu profitabilitas bisnis. Karakteristik tertentu harus dipertimbangkan saat mencari: tingkat lalu lintas, dekat dengan titik pertemuan di mana orang dapat melihatnya, area parkir dan bisnis terdekat (bukan pesaing). Anda juga dapat mempertimbangkan daya beli daerah tersebut.

 

 

Tempat harus menyesuaikan dengan citra perusahaan dan persyaratan teknis dan hukum tergantung pada area / kota di mana lokasinya.

 

5. Anggaran

Meskipun dimulai dengan Anda yang sudah memiliki modal atau kredit yang disetujui untuk diinvestasikan di salon Anda, penting untuk menganalisis langkah-langkah sebelumnya agar memiliki keyakinan yang objektif dan kepercayaan. Dalam anggaran Anda, Anda harus memasukkan berbagai faktor yang dapat meningkatkan atau menurunkan investasi. Bergantung pada jenis layanan, pelanggan, dan lokasi, jumlahnya akan sangat bervariasi. Mengadaptasi tempat Anda akan memakan sebagian besar dari jumlah ini.

 

6. Observasi detail

Pengamatan harus berkelanjutan, sebelum, selama dan setelah membuka salon Anda. Hanya sedikit perusahaan yang melakukan ini, sehingga banyak yang tidak mendapatkan hasil yang diharapkan. Orang-orang selalu membicarakan kebutuhan mereka. Dengan munculnya jejaring sosial, pelanggan terus menceritakan pengalaman mereka. Jadi dengarkan, amati, baca, tanyakan semua yang Anda tawarkan dan lihat bagaimana pelanggan Anda melihatnya. Kepuasan mereka dengan layanan Anda adalah tujuan kami. 

  

Layanan yang diberikan di Salon Anda

Kami telah menyebutkan berbagai layanan yang dapat ditawarkan saat mendirikan salon kecantikan. Berikut beberapa opsi populer untuk disertakan dalam penawaran Anda:

1. Perawatan rambut

Highlights, full color, balayage, Californian highlights... Dalam dunia pewarnaan, selalu ada tren klasik dan singkat, dan seorang profesional yang baik tahu bagaimana menangani semuanya. Di banyak salon tata rambut, Anda akan menemukan bahwa setiap jenis perawatan rambut memiliki spesialis, mulai dari warna yang paling cocok untuk kulit Anda, hingga seseorang yang memberi tahu Anda potongan rambut mana yang dapat menonjolkan bentuk wajah Anda. Salon yang bagus akan menjadi pemberi pengaruh pribadi Anda.

2. Manicure / pedicure

Saat rambut Anda sedang dikerjakan, kuku Anda juga harus dimanja. Salon kecantikan yang baik selalu menyediakan layanan manikur dan pedikur serta memiliki berbagai macam cat kuku yang tersedia sehingga pelanggan dapat memilih warna yang paling mereka sukai. Selain manikur tradisional, Anda juga bisa menemukan perawatan manikur permanen atau semi permanen dan, tentu saja, kuku gel.

 

Apakah Anda ingin membuka Beauty Salon?

 

 

3. Esthetics + beauty and hairdressing

Jika Anda ingin membuka bisnis berdasarkan kombinasi dari dua spesialisasi ini, Anda dapat menawarkan layanan kecantikan kulit wajah dan tubuh, laser hair removal dan IPL, dan juga memiliki ahli kecantikan yang berdedikasi untuk tata rambut, kuku, atau tata rias. Untuk menyusun Salon Anda, Anda dapat membuat area yang berbeda: area untuk menata dan mencuci; ruang estetika dengan peralatan dan bahkan nail bar.

4. Spa + beauty and hairdressing salon 

Jika bisnis dasar Anda adalah spa dengan area pijat dan hidroterapi, bagaimana jika menambahkan kecantikan dan tata rambut ke dalam rangkaian layanan Anda? Dengan ide bisnis ini, pelanggan Anda tidak hanya pergi dengan perasaan santai, tetapi juga terlihat luar biasa! Untuk menawarkan layanan Anda, Anda dapat membuat paket perawatan pribadi dan pengalaman kecantikan sehingga pelanggan Anda dapat menikmati hari yang unik dan istimewa.

5. Menawarkan layanan uniseks

Ciptakan dua area berbeda di Salon Anda. Satu dengan dekorasi yang lebih feminin dengan sumber daya dan menu perawatan yang personal, dan yang lainnya dengan dekorasi yang lebih maskulin, kursi cukur, dan daftar layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Dua atmosfer dalam satu bisnis!

 

6. Gunakan produk kosmetik yang alami, ekologis, dan cruelty-free

Pelanggan mulai semakin peduli dengan planet ini.  Ini bukanlah "tren", dan pelanggan menyadari kemampuan mereka untuk mendukung keberlanjutan melalui pembelian yang mereka lakukan.  Usahakan untuk menggunakan produk yang ramah lingkungan dan mengandung bahan alami, bahan baku dan kemasan yang lebih ramah lingkungan.

Anda tidak akan menyelamatkan dunia sendirian, tetapi Anda akan memberi contoh. Banyak pelanggan akan menghargai detail ini dan Anda juga akan memiliki nilai tambah dalam layanan yang Anda berikan.

Terakhir, dengan mengingat semua informasi yang telah kami berikan, Anda dapat mulai memikirkan upaya baru Anda. Pikirkan juga fakta bahwa Anda dapat memulai salon kecantikan tidak hanya sebagai bisnis Anda sendiri, tetapi juga sebagai waralaba. Saat ini, ada brand kecantikan yang memiliki pengalaman dan posisi penting saat berinvestasi di sektor ini.

 

Apakah Anda ingin membuka Beauty Salon?

 

Jika Anda menyukai artikel ini, Anda mungkin tertarik pada:

 

Franchise Jeff mana yang ingin Anda buka ?:

Written by Jeff